Buscar

C I N A

lagi searching model baju untuk cewek cina. nggak tau kenapa pengen buat baju model cina gitu. habis bosen dengar kata orang kalau aku ini peranakan cina haha. jadi sekalian aja buat sesuatu yang berbau cina gitu. dan kebiasaanku kalau udah penasaran sama sesuatu. aku bakal cari info lebih lanjut tentang sesuatu itu. jadi aku sekalian searching tentang CINA. nggak cuma searching tentang model bajunya aja gitu hehe

semoga bisa nambah pengetahuan kita juga yaaa. sok atuh silahkan dibaca :D

Cina (bahasa Tionghoa: 中国; Hanzi tradisional: 中國; bahasa Tionghoa: Zhōngguó; Tongyong Pinyin: Jhongguó; Wade-Giles: Chung1kuo², bahasa Hokkien: Tiong-kok) adalah nama dari daerah budaya, dan pemukiman turun temurun dari budaya kuno sejak dahulu kala hingga kini, dan merupakan negara di Asia Timur. Peradaban Cina merupakan salah satu peradaban tertua di dunia, terdiri dari sejarah dan budaya beberapa negara yang ada sejak 6 milenia.
Pada perang saudara terakhir di Cina, perang ini berakhir dengan jalan buntu dan mengakibatkan adanya dua negara yang memiliki dua nama Cina yaitu Republik Rakyat Cina - yang lebih umum dikenal sebagai Cina dan pemerintahnya berkuasa atas Cina daratan, Hong Kong, serta Makau; yang kedua adalah Republik Cina (ROC) - yang lebih umum dikenal sebagai "Taiwan", dan pemerintahnya berkuasa atas Pulau Taiwan dan pulau-pulau disekelilingnya. Namun banyak negara lainnya berpendapat bahwa secara resmi daerah yang diperintah oleh Taiwan merupakan bagian dari Republik Rakyat Cina.
Cina merupakan peradaban tertua di dunia yang masih ada hingga kini. Cina memiliki sistem penulisan yang konsisten sejak dahulu dan masih digunakan hingga kini. Banyak penemuan-penemuan penting bersumber dari peradaban Cina kuno, seperti kertas, kompas, serbuk mesiu, dan materi-materi cetak.

sejarah cina di Indonesia
Dalam Ensiklopedia Nasional Indonesia, dikatakan bahwa istilah Cina berasal dari nama dinasti Chin (abad ketiga sebelum Masehi) yang berkuasa di Cina selama lebih dari dua ribu tahun sampai pada tahun 1913.
Bencana banjir, kelaparan, dan peperangan memaksa orang-orang bangsa Chin ini merantau ke seluruh dunia. Kira-kira pada abad ke tujuh orang-orang ini mulai masuk ke Indonesia. Pada abad ke sebelas, ratusan ribu bangsa Chin mulai berdiam di kawasan Indonesia, terutama di pesisir timur Sumatra dan di Kalimantan Barat. Bangsa Chin yang merantau dari Cina ini di Indonesia lalu disebut dengan Cina perantauan. Orang-orang Cina perantauan ini mudah bergaul dengan penduduk lokal sehingga mereka bisa diterima dengan baik.

Para perantau yang membawa keluarga mereka kemudian membentuk perkampungan yang disebut dengan "Kampung Cina." Di kota-kota dimana terdapat banyak orang Cina bertempat tinggal, kampung ini lalu disebut dengan Pecinan. Orang-orang yang tinggal di Pecinan ini banyak yang menjadi pedagang.

Ketika bangsa barat, terutama Belanda dengan perusahaan dagangnya (VOC) memasuki Indonesia dan memonopoli perdagangan di Indonesia, para pedagang dari negeri Chin yang sudah menguasai perdagangan selama beratus-ratus tahun ini bentrok dengan mereka. Akibatnya, VOC dan kemudian pemerintah Belanda memberikan beberapa konsesi berupa hak-hak istimewa kepada bangsa perantau dari Cina ini. Salah satunya adalah mereka dianggap sebagai penduduk Timur Asing yang dianggap mempunyai kedudukan setingkat lebih tinggi daripada warga penduduk asli. 

Status istimewa ini mengakibatkan warga asli atau penduduk pribumi menjadi tidak suka kepada Cina perantauan ini. Bukan hanya itu, tetapi kolaborasi mereka dengan penjajah Belanda dan praktek dagang yang bercorak koneksi dan kolusi yang merugikan masyarakat pribumi serta perilaku mereka sebagai pemadat dan penjudi membuat orang-orang Cina perantauan ini semakin tidak disukai. Akibatnya, istilah "Cina" menjadi stigma yang berkonotasi jelek yang berpengaruh terhadap semua orang Cina perantauan.  

Akibat dari stigmatisasi istilah "Cina" itu, banyak orang Cina di Indonesia menggunakan nama lain yaitu Tiongkok yang berasal dari kata "Chung Kuo." Pada tahun 1901 mereka mendirikan sebuah organisasi yang bernama Tiong Hoa Hwee Kwan. Lalu pada tahun 1939 mereka mendirikan Partai Tionghoa Indonesia. Sejak itulah istilah Tionghoa digunakan sebagai padanan dari Cina.

Sifat orang cina.
Orang cina pada umumnya kita kenal pada kaya-kaya kan. Itu karena mereka rajin nabung dan selalu berkerja keras. Orang cina suka bekerja dan sebisa mungkin tidak membuang waktunya dengan percuma. Lalu dari sumber yang aku baca, orang cina itu hidupnya sederhana sekali. Uang gajinya sekitar 70-80% itu di tabung. Sisanya buat belanja. Negatifnya sih bener orang cina identik dengan kata “pelit”. Tapi, positifnya itu yang ngebuat orang cina kaya dikemudian harinya. Mereka nggak suka foya-foya.

Dan orang cina juga identik dengan otaknya yang “encer”, pintar maksudnya. Itu karena mereka juga giat belajar. Rata-rata orang cina itu selalu focus dengan sesuatu yang menjadi tujuan mereka. Yah intinya sih mereka hidup itu punya tujuan gitu.  Dan di lain sisi emang udah keturunannya pada pintar-pintar semua haha.

mungkin itu dulu yah informasinya. ntar kalau kepanjangan postingannya pembaca pada malas baca :D

2 komentar:

Penanti Hujan

mana2 yang mirip peranakan cina, liat donk, di sampulnya cuma keliatan pipinya sa :D

Unknown

hahahha mba ini.. itu kata orang mba,, itu di foto twitt kan kepampang muka sya mba :D

Posting Komentar