Buscar

Praktikum Farmasi Rumah Sakit

Selamat pagi kawanan senja. Selamat berlibur ria yaaaa. Alhamdulillah banget nih ada waktulibur jadi bisa istirahat sejenak haha

hmmm dipostingan kali ini aku mau cerita soal Praktikum Farmasi Rumah Sakit seminggu kemaren. Sebenarnya waktu hari terakhir praktikum, malamnya udah mau ngepost tapi kok malas yaaaa. Ini badan udah lengket ditempat tidur, malas bangun lagi ngadapin laptop :D

Praktikum Farmasi Rumah Sakit dimulai hari kamis, yang mana hari selasa dan rabunya aku habis terbaring sakit hiks hiks *sedih. Berhubung ini praktikum jadi harus masuk, absen harus 100% yang artinya nggak boleh ada izin-izin walaupun sakit. Jadilah hari kamis itu aku berangkat ke rumah sakit dengan membawa virus penyakitku *lho

Sampai di rumah sakit, belum banyak teman-teman yang datang. Udah gitu aku pake kebelet pipis lagi *nggak penting banget*. Jadi sampai rumah sakit, yang pertama kali di tuju adalah toilet. Malu pisan euy waktu masuk rumah sakit, pasien-pasien pada ngeliatin kayak kami ini tontonan yang menarik, lebih menarik daripada ondel-ondel ckckck
Biasalah, kami kan pakai seragam. pasti dikiranya perawat. Padahal kami ini farmasis hey. Kasian yaaa farmasis nggak terkenal.

okeeee singkat cerita nih yaaa selama praktikum banyak yang dipelajarin. Hari pertama aja udah dikasih PR sama bapaknya, disuruh cari+baca tentang Standar Kefarmasian di Rumah Sakit. Terus disuruh cari Standar Operasional Prosedur dalam pelayanan kefarmasian. Hari kedua praktikum kami dihadapkan dengan resep-resep rawat jalan dan rawat inap. Bener-bener dah, para dokter yang nulis tuh resep perlu belajar nulis kayaknya. Bukannya apa sih, ntar kalau farmasisnya salah-salah baca, salah ambil obat, kan kasian pasiennya juga ntar salah minum obat. Nah lho berabe kan.

Ada hal lucu yang selalu bikin aku ketawa nggak bisa berhenti. Itu bagian informasinya lucu kalau ngomong. Ngucap salam "Assalamu'alaikum" aja susahnya minta ampun. Lidahnya tuh yaaa kayak teputar tepelilit gitu. Pokoknya kalau udah speaker informasi itu bunyi, belum dengar suara tu orang ngomong, aku udah ketawa duluan hahahaha *maafkan saya om*

Oh iyaaaa. Selama praktikum itu kami kejar-kejaran sama tukang parkirnya. Ruang instalasi Farmasi Rumah Sakit itu jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuh banget. Padahal bisa bawa motor parkir didalam tapi, kami disuruh parkir didepan. Ih menyebalkan

Waktu hari terakhir Praktikum nih. Udah tahu hari itu ujian, aku, etty, sama andri terlambat datang. Biasa kami ngurusin kewirausahaan kami dulu baru berangkat ke rumah sakit. Etty nih kalau yang namanya ngebut bawa motor paling jago dah. Dia duluan tuh masuk. Aku dibelakangnya agak jauh. Udah masuk gerbang rumah sakitnya nih, pak satpamnya udah bilang nyuruh parkir di luar. Aku langsung buka helm ku, ku bilang "Saya parkir didalam pak". Terus nggak tau-tau aja tuh ngegas motor masuk kedalam. Didepanku mobilnya dokter mamen, lagi masuk juga kedalam.

Waktu masuk itu aku mikir, etty gimana yah, andri gimana yaaah. Eh pas aku sampai diparkiran dalam, ada etty disana. Ternyata dia terobos juga, nggak tahu-tahu masuk kedalam. Nah tinggal nasib andri aja nih. Parkir diluar atau didalam. Eeee nggak lama ada suara khas motornya andri mendekat. Sambil ketawa-ketawa dia bilang kalau dia sempat disuruh parkir diluar tapi dia bilang dia ujian hari ini terus udah telat jadi dibolehkan masuk. okeeee selamat kami semua nggak mesti jalan jauh-jauh.

Syukurnya waktu kami datang walaupun udah telat tapi ujian belum dimulai. Dan untungnya lagi, Allah tahu banget kalau kami belum terlalu belajar. Kan ujiannya dibagi jadi 2 kelompok. Bapaknya jail ngambil absen pertengahan yang ujian duluan. Jadi, andri yang absen atas sama aku dan etty yang absen bawah kena giliran ujiannya kedua. So bisa belajar dulu walaupun kenyataannya, aku sempat tetidur sebentar bukannya belajar hahahaha

Selama praktikum juga, kalau kami jalan di koridor rumah sakit terus papasan sama perawat-perawat atau dokter muda tuh yaaaa. Muka mereka tuh ih nyebelin. Sok semua. Malas mau senyumin mereka tuh. Tapi kalau bepapasan sama pasien atau waktu lewat ada keluarga pasien yang duduk-duduk diluar ruangan terus dari jauh udah ngeliatin, aku senyumin tu. Ubah image kalau orang kesehatan itu nggak semuanya yang jutek-jutek macam para dokter dan perawat itu. Seharusnya mereka sadar dong kalau ngejaga hubungan baik dengan pasien itu perlu. Membuat pasien ngerasa nyaman dengan kita itu perlu. Kalau pasien nyaman kan cepat sembuhnya, kita juga senang jadinyaaaaa.

Aku tahu sih kalau dokter itu pasti pintar. Tapi nggak gitu juga, terlalu meremehkan orang. Dokter itu cuma dikasih ilmu sedikit sama Allah, dokter juga bukan yang nyembuhin penyakit. Dokter cuma perantara dari Allah untuk membantu orang sakit. Soal penyembuhan itu ada ditangan Allah.

Untung muka ku antagonis. Angkat alis aja aku udah bisa bikin orang jengkel liat muka ku hahhaha
Jadi mereka kalah jutek sama aku kan :)

Senyumku cuma untuk orang-orang yang baik. Bukan untuk orang-orang yang suka ngeremehin orang lain.

okeeee sekian cerita ngaur soal Praktikum Farmasi Rumah Sakit. Semoga orang kesehatan yang baca ini jadi kebuka matanya terus bisa ramah sama pasiennya. Amin Ya Allah

2 komentar:

Ade Tiawan

lama gak pernah mampir ke blog ini,,
hmm,, bikin buku nih??

Unknown

terimakasih sudah mampir lagi...
iya aku bikin buku :)

Posting Komentar