Buscar

gara-gara pulpen

hari ini praktikum terakhir farmasetika II. aku kaget kalau hari ini praktikum, ku pikir langsung ujian aja nanti, ternyata masih ada praktikum satu kali lagi. habisnya udah dua minggu kemaren ga ujian, tiba-tiba ujian hari ini. kemaren kan aku ga jadi ngampus gara-gara kemacetan jadinya aku ga tau apa-apa soal praktikum hari ini. malamnya waktu aku masih kerja di apotek, ga sengaja tuh aku smsan sama temanku, dari dia aku tau kalau hari ini praktikum. aku panik. ku sms temanku yang beda kelas, nanya gima praktikumnya. kata mereka nanti di kasih resep, trus nanti kita di suruh hitung dosis, kasih edukasi ke pasien. seharusnya untuk kami yang udah semster 3, hitung dosis itu udah ga buat kami takut lagi. tapi, yang namanya praktikum farmasetika, selalu membuat gugup. ibu dokter liat aku gelisah betul. di tanyanya kenapa, yaaa ku jawab aja besok praktikum dadakan. akhirnya aku di suruh pulang aja. belajar buat pretestnya. dan akhirnya aku pulang.

sampai dirumah, aku langsung bongkar file-fileku yang semster 1 yang berkaitan dengan praktikum besok.
nie file-file yang ku dapat untuk bahan belajar ;)


memang sih kami ga disuruh buat sediaan. tapi, karena ga tau bakal dapat resep apa, itu yang buat panik, ga bisa prediksi soal pretestnya apa. setelah semua bahan ku dapat, aku langsung belajar. pertamanya sih cuma liat-liat dulu perhitungan dosisku waktu farmaset dasar. baru aku coba hitung-hitung dosis resep baru. perhitungan dosis ada macam-macam. ada yang harus hitung berat badannya dulu, baru masuk ke perhitungan dosisnya. tapi, kalau dapat pasein dewasa ga perlu hitung dosis langsung dosis dalam resep aja. selesai belajar perhitungan resep, lanjut belajar copie resep. buat salinan resep. coret-coret selesai hehe. lanjut belajar materinya, ngulangin lagi hapalan pengertian serbuk, serbuk tabur, serbuk bagi, serbuk tidak dibagi, resep, copie resep, kelengkapan resep, obat paten, obat generik, obat esensial, obat tradisional, dan lain sebagainya. capek. tidur hahahha

paginya, kuliah pertama jam 10 masuk teori farmasetika 2. jam 07.30 aku sudah berangkat. samarinda masih macet. sampainya di kampus, belajar lagiiiiiiii
jam 1 lewat sedikit. kami masuk lab. duduk masing-masing di tempat masing-masing belum sempat benafas (lebay) udah mulai pretest. di kasih resep racikan pulvis no.XXX. dari resep ada 5 soal yang diberikan. alhamdulillah bisa ngerjakannya. sambil nunggu pretest dipriksa, biasa di isi dengan mengobrol :D
agak lama juga priksa hasil pretestnya, lalu dibagikan. alhamdulillah lulus pretest dengan nilai yang lumayan bagus hehe. yang ga lulus pretest di suruh pretest ulang. setelah semuanya lulus masing-masing kami di kasih resep satu-satu. mucilnya aku dan teman di sampingku dapat resep yang sama, lalu kami diam-diam aja hehe

aku dapat resep rifampicin 100mg, INH 100mg, buffect syr. resep untuk anak 7 tahun. hitung dosis deh jadinya. awalnya aku pandangin aja dulu tu resep. setelah pikiranku mulai tenang baru aku mulai kerjakan. buka farmakope cari dosis lazim dan dosis maksimumnya setiap zat aktif. cari berat badan anak di iso. hitung berat badan dulu, setelah dapat baru hitung dosisnya. perhitungan rifampicin dan INH alhamdulillah lancar tapi, untuk perhitungan buffectnya cuma sempat sampai perhitungan jumlah obat aja. buffect kan isinya ibuprofen 100mg/5ml. waktu habis jadi ga bisa kerjakan lagi. waktu lagi sibuk-sibuknya ngitung dosis, lagi pusing-pusingnya. dosen pembimbingku yang dikenal gimana gitu berkata nyaring di belakangku "besar sekali pulpen anda" kata beliau nyaring. emang dasarnya juga suara beliau nyaring. kontan semua mata tertuju padaku, aku cuma bisa cengar-cengir aja ga percaya bisanya bapak itu ngomong begitu hahahha. cuma gara-gara pulpenku.

waktu evaluasi juga. gara-gara pulpenku, aku di suruh beliau maju mengerjakan resep dipapan tulis. "oke gantian yang mengerjakan resepnya. itu yang di belakang. lupa saya namanya, yang pulpennya besar sekali. ayo kamu maju". hmmm majulah aku jadinya. kerjakan resepnya. semenjak pertama aku pakai itu pulpen. semua yang liat pasti pada komentar. ada yang bilang lucu tapi, komentar umumnya ya itu "gedenya pulpenmu" hahahha

nie foto pulpenku. hehe
aku suka warnanya orange, jingga :D

0 komentar:

Posting Komentar