Buscar

Ujian Prak. Farmasetika II

Rabu, 4 Januari 2012
akhirnya ujian praktikum farmasetika II dilaksanakan. seharusnya seminggu yang lalu sudah dilaksanakan tapi, karena laboratoriumnya lagi diperbaiki, ujiannya di batalkan. padahal aku udah semangat-semangatnya tuh belajar sampai ke apotek pagi-pagi cari faktur buat di fotocopy untuk belajar. sampai rumah dapat kabar ujiannya ga jadi. saraf-saraf langsung pada tenang sih, aku jadi kembali santai. ga jadi belajar hahaha

dan pada minggu ini, aku berharapnya ga jadi praktikum lagi soalnya lab.nya belum selesai diperbaiki. ternyata jadi ujian, pakai lab yang di atas. untungnya ujiannya cuma buat jurnal, hitung resep, sama hitung faktur aja, ga buat sediaan jadinya agak lega juga. cuma masalahnya minggu-minggu ini aku lagi malas banget belajar, kerjaanku cuma nonton film korea aja :D

akhirnya kupaksakan aja buat belajar, mau jawab apa aku kalau ga bisa nanti apa yang mau ku tulis. jam 5 sore aku baru belajar (habis nonton film korea itu, baru belajar). hari itu aku izin kerja. belajar sampai maghrib, habis itu sholat maghrib dulu. habis sholat isya baru belajar lagi sampai jam 9 malam aja. aku cuma belajar ngitung-ngitung aja. perhitungan tonisitas, faktur, sama resep aja. kalau yang lainnya ntar kan bawa buku juga, jadi bisa cari-cari di buku aja. coba nanya sama teman anak kelas sebelah yang udah ujian duluan katanya resep baru semua yang keluar. hmmm jadi takut dan mengira-ngira bakal dapat resep apa nanti.

selesai belajar jam 9 malam, ga langsung tidur tapi lanjut nonton film korea hahaha
jam 11 malam baru tidur. pasang alarm nie jam 4 subuh tapi, ga bangun juga. jam 7 pagi baru bangun hahahha
paginya, berangkat pagi-pagi ke kampus. ga ada mata kuliah pertama, cuma kumpul tugas makalah aja. ujiannya jam 1 siang. biar dikata ujiannya jam 1 siang, tapi jam 9 pagi teman-teman udah pada banyak yang datang juga. akhirnya ribut tu pada belajar. berisik pokonya. pusing sendiri aku dengar mereka. teman-temanku pada belajar, aku cuma ngeliatin aja hehe. sesekali nanya-nanya juga sih. kalau ada yang nanya dan minta ajarin aku ya aku ajarin sekalian juga aku belajar. tapi, ga terlalu belajar terus kaya teman-temanku. yang ada aku malah pengen tidur dulu. ngantuk berat. takutnya didalam lab waktu ngerjakan aku ga konsen gara-gara ngantuk :D
tapi, itu ga ku lakukan hehe. akhirnya untuk mengusir ngantuk aku foto-fotoin aja mereka pakai kamera hp aja sih :D

 foto ini di ambil diruang kuliah 4. liat buku yang di atas meja?
itu hanya sebagian buku yang dibawa


ini beberapa mereka yang duduk di luar ruang kuliah 4.
nie lagi pada ngobrol, ga belajar haha

ini suasana waktu mau masuk ke lab
pada sibuk semua nyiapin perlengkapan

o iya. untuk ujian ini. kami masing-masing bawa buku untuk membantu dalam pengerjaan jurnal, resep, dan faktur. rata-rata buku yang dibawa itu farmakope 3 dan 4, obat-obat penting (OOP), ilmu meracik obat (IMO), ilmu resep, formularium nasional, dan buku yang lain-lainnya. liat tas jinjing yang ada di foto di atas, yang warna putih. rata-rata kami semua bawa buku segitu.

ketika masuk lab, semuanya pada rebutan mau tempat duduk paling belakang. aku jadi bingung mau duduk dimana, rata-rata udah pada ditempati tempat duduknya. temanku ada ambilkan aku tempat duduk dipojok belakang. tapi, waktu aku ke sana, tempatku di ambil sama temanku cowok. ya udah aku cari tempat lain, akhirnya aku dapat tempat duduk paling depan. baru aja aku duduk, temanku yang cowok tadi suruh aku pindah kebelakang aja, ketempat duduk yang awal. sempat ragu, tapi ya udah dia juga yang suruh. sebenarnya aku duduk didepan juga ga apa-apa sih.

waktu resep dibagikan aku rada gugup juga waktu liat resepku.
R/ Dekstrosa 10%
mf da in infus 500ml No. V

belum lagi resep campuran untuk di hitung yang ku dapat gaje lagi. ya sudah kerjakan aja pelan-pelan. kami dikasih waktu dari jam 1.15 - 4.15. jadi ngerjainnya lari nie kejar-kejaran sama waktu. takut waktunya ga cukup. untung jam setengah 4 aku sudah selesai. terakhir yang ku buat adalah brosur obatnya. di brosur cuma ku tulis indikasi, farmakologi, sama dosis obatnya sekali berapa hahaha. cuma itu aja sih yang ada di buku. resep dekstrosa yang ku dapat untuk penderita hipoglikemia, larutan infusnya juga bisa digunakan untuk menambah energi pada tubuh.

selesai sudah ujian praktikum farmasetika. lega rasanya hahahha

0 komentar:

Posting Komentar