Buscar

Islam Di Korea Selatan

iseng-iseng menjelajah di google, cari informasi tentang orang-orang yang beragama islam di korea itu gimana?. kenapa korea. karena sekarang korea adalah salah satu negara yang pengen banget aku kunjungi, bahkan ingin bekerja disana. tapi sebelum itu, aku dan eunni ada rencana dan keinginan untuk mengambil beasiswa disana *Amin semoga aja. dengan izin Allah*. dan aku terpikir gimana kehidupan orang muslim disana. diluar negeri apalagi di eropa, walaupun korea masih termasuk Asia, agama islam disana masih minoritas. gimana rasanya tinggal disuatu negara dan disana kamu sebagai minoritas, sedangkan dinegaramu kamu mayoritas?. sedekit ngeri membayangkannya, tapi sepertinya menantang.

dan dari artikel-artikel yang ku baca, berdasarkan sensus tahun 2005 dikorea jumlah populasi orang islam dikorea selatan mencapai 145.000-160.000 orang. dan diperkirakan 50.000 diantaranya adalah penduduk asli korea sedangkan sisanya merupakan pendatang dari Indonesia, Malaysia, Pakistan, dan negara-negara ditimur tengah.

mayoritas penduduk korea menganut agama Budha.

pada tahun 2008 lalu telah dibangun pusat kebudayaan islam di Seoul. lembaga ini diharapkan mampu memberikan informasi penyeimbang bagi kalangan non-islam. sebab, pasca tragedi WTC pada september 2001 banyak propaganda yang mengkreditkan islam sebagai teroris dan memberi dampak tekanan yang sangat besar bagi minoritas orang islam di korea selatan. di korea selatan juga ada sekolah pertama islam yang dibangun dengan dana hibah pemerintah Arab Saudi.

perkembangan islam dikorea selatan ditandai juga dengan hadirnya komunitas-komunitas muslim. komunitas muslim atau orang islam dikorea merupakan komunitas yang kaya dengan keberagaman latar belakang etnis dan budaya. jumlah orang islam korea terus meningkat, khususnya dikota besar seperti Busan. komunitas islam dikota Busan telah mendirikan sekolah islam sendiri. walaupun sekolannya kecil, tetapi cukup untuk memfasilitasi anak-anak dikorea untuk memperoleh pendidikan islami.

pada bulan ramadhan. orang islam dikorea sama halnya seperti dinegara-negara islam. mereka menyemarakkan bulan ramadhan dengan memperbanyak membaca al-qur'an dan berkumpul dimasjid. khususnya menjelang berbuka puasa sampai selesai shalat terawih . mereka berkumpul dimasjid sentral yang berada dipusat kota seoul, ibukota korea selatan. setiap petang menjelang waktu berbuka puasa, masjid ini dipenuhi oleh umat muslim dengan berbagai usia. baik warga muslim korea ataupun warga muslim dari negara luar. karena banyaknya jamaah masjid, sebagian diantaranya terpaksa berada diluar area masjid. pemandangan seperti ini menarik perhatian warga disekitarnya. itulah kehidupan umat islam dikorea selatan saat bulan ramadhan.

informasi mengenai agama islam dari artikel lain yang ku dapatkan, menyebutkan bahwa
Masjid pertama yang dibangun di Korea adalah Seoul Central Masjid and Islamic Center yang berada di kota Itaewon. Masjid ini selesai dibangun dan dibuka untuk publik pada tahun 1974. Tidak hanya sebagai tempat sholat, di kompleks masjid juga dilengkapi dengan kantor, ruang kelas, sekolah, dan aula untuk konferensi. Hal ini dimaksudkan agar masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat sholat saja, namun juga sebagai pusat dakwah dan pendidikan. Sebagai contoh, program pengobatan gratis diadakan secara rutin untuk masyarakat umum di kompleks masjid ini. Segala kegiatan ibadah dan aktivitas dakwah dikoordinasi oleh Korean Muslim Federation (KMF). Mengingat sebagian besar jumlah kaum muslimin yang di Korea adalah pendatang, maka seluruh aktivitas ibadah di masjid meliputi sholat jumat, idul fitri dan yang lainnya, disampaikan dalam 3 bahasa, yakni arab, inggris dan korea.

Sampai sekarang ada sekitar 21 masjid/islamic center yang tersebar di beberapa pusat kota di Korea, yang seluruhnya dibawah koordinasi oleh KMF. Selain masjid dan islamic center, beberapa universitas/perusahaan menyediakan ruangan untuk tempat sholat bagi mahasiswa maupun karyawannya. Adapun di sebagian besar tempat, tidak pernah dijumpai tempat sholat khusus, sehingga kebanyakan kaum muslimin menjalankan sholat saat datang waktunya di mana saja, asalkan suci.

Untuk mendapatkan makanan halal di negeri ini tidak sulit. Hampir di setiap kompleks masjid, terdapat toko muslim yang menyediakan berbagai macam makanan halal dari berbagai negara. Di samping itu, terdapat toko khusus yang menjual daging halal yang disembelih secara islami.
Terkait makanan kemasan produksi Korea, perlu kehati-hatian dalam memilih, karena sebagian besar makanan kemasan mengandung babi atau turunannya. KMF sudah mengeluarkan list makanan-makanan kemasan yang sudah dicek kehalalannya. Terdapat list makanan yang bisa dikonsumsi secara aman dan makanan yang mengandung yang haram. Adapun di luar list tersebut, pembeli harus mengecek sendiri kandungan penyusun makanan tersebut.
Masyarakat korea sangat gemar untuk makan daging. Sehingga sebagian besar restoran memiliki menu utama daging, baik babi, sapi, maupun ayam. Mengingat penyembelihan sapi dan ayam tidak mengikuti syariat Islam, kaum muslimin cenderung memilih menu sayuran dan ikan tatkala mengikuti jamuan makan bersama di restoran korea. Adapun di sekitar kompleks masjid/islamic center, terdapat banyak sekali restoran yang menyajikan makanan halal dari berbagai negara



20 komentar:

Unknown

artikelnya bagus nambah informasi ^^ gomawo udah di posting :)

Siti Farhah

maaf mau tanya ni,, sya pernah kenal dengan seirang muallaf namanya Isro. dya masuk dalam komunitas muslim muallaf korea selatan di pusan kalo gk salah. boleh tolong mintakan email gk? karena waktu itu saya kehilangan kartu namanya. terimakasih sebelumnya

Siti Farhah

oya maaf ini alamat email saya. zd.brhm@gmail.com
maaf masih punya kaka saya, karena yang saya sudah gk aktif dan belum sempat buat lagi

Anonim

wa semoga di korea makin banyak umat muslim nya ^^ thanks for info

Park ISTI

Hhhmm... Jadi tambah pingiiinnnn ke sana,,,, korea.. kapan ya

indraHyun

tolong minta emailnya isro dong.. please
ini email saya, indrahyun@gmail.com

indraHyun

tolong minta emailnya isro dong.. please
ini email saya, indrahyun@gmail.com

Annur Shah

masya Allah,
suka sekali salam kenal ukh

Unknown

maaf, saya ga kenal sama isro. saya tinggal di Indonesia bukan di Korea

Anonim

salam kenal ,mau numpang tanya ada yg kenal dan meiliki teman mualaf wanita korea,
sy bisa berkenalan dgn mereka siapa yg bisa bantu ya?tolong bantu informasinya ya makasih

Anonim

kalau ada yg tau informasi muslimah asli korea dan bagai mana menjalin silaturahmi dgn mereka tolong bantu infonya ya ke saya ary_emeral@yahoo.com
trimaksih

Anonim

Ken apa ga coba Cek di KMF Korean Muslim federation

Anonim

Hi there! I simply would like to give an enormous thumbs
up for the great information you might have here on this post.

I shall be coming back to your weblog for extra soon.


Feel free to surf to my web site; seo in guk ost love rain download

Anonim

Good day! I just would like to give an enormous thumbs up
for the good info you may have here on this post. I will be coming again to your weblog for
extra soon.

Visit my blog post: loreal semi permanent hair color products

Anonim

By mү mind that aгe unfocused for somе time a new front
door starts for thе cabhinet ɦow I have filled ɑsidе odds aand endѕ οf feelings.
Liҝe typical spider solitaire solitaire,
note shades ɑmong tɦe copy ought tο change. TҺere aree sevеral many ߋther variations
ߋn the necessary premise of getting the accommodate, wҺether alongside master iin order to
ace and alsο օr viceversa.

Visit my omepage - free download solitaire

Anonim

Ahaa, its fastidious dialogue regarding this post
at this place at this website, I have read all that, so now me also commenting at this place.


Feel free to visit my site - health coach training online

Anonim

failing at cyberspace mercantilism.Internet commercialism
Tips That Anyone Can Use And experience Your dark red merely enjoying
alcohol or grunge. You should by all odds think about it as a way
that you e'er someone something available. You can convey on the man instead of speeded up business alternative when it Marc Jacobs Outlet Online Kevin Durant Shoes, vipminigames.com,
Michael Kors Canada Outlet cheap ray ban sunglasses - http://newflash.gamescamp.ir/,
Michael Kors Wallet Marc Jacobs Outlet Online () Lebron James Shoes (www.flash4games.info) Cheap Ray Ban Sunglasses (http://oyun.fuzuli.nl/) Cheap Oakley Sunglasses Michael Kors Outlet Online Michael Kors Handbags Outlet Michael Kors Wallet - shorl.com, Michael Kors Outlet
Michael Kors Outlet Online Louis Vuitton Outlet Lebron James Shoes
Michael Kors Outlet Online Cheap Oakley Sunglasses () Christian Louboutin Outlet Online
()
Christian Louboutin Shoes your attainment.
The possibilities are incessant fit options you investigate your location into
a standing dye. It does not get with perambulating
mercantilism. You receive knowledgeable yourself all but auto quicken course of instruction you go subsequently it.
If you run out at commercialism you penury to spit! Thespitre
is nil new.

Unknown

If you are in amount overdue on your mortgage payments, your interest rate is about to adjust or your payments are simply becoming excessive, the primary thing you immediately need to do is “Take Action”. Help stop foreclosure

Unknown

The successful Massachusetts personal injury lawyers at the Massachusetts Personal Injury Law Center are highly experienced, aggressive and actively seek the long-term well being of their clients.
Car Accident Lawyer

yanmaneee

yeezys
supreme clothing
nike air max 2019
jordan 13
yeezy boost 350 v2
jordan shoes
balenciaga sneakers
coach factory outlet
louboutin shoes
ultra boost

Posting Komentar