Buscar

Tentang aku... Untuk kamu

temanku pernah berkata padaku "kamu itu unik, ga bisa ditebak, ga pernah memperlihatkan kesedihanmu. tapi, aku ga suka kalau kamu nangis sembunyi-senbunyi, nangis sendirian".

iya, itulah aku. aku terbisa menyimpan sendiri semua kesedihanku. aku tak merasa nyaman jika dihadapan orang lain aku bersedih. jika sedang bersama teman-temanku aku bisa melupakan semua kesedihanku, aku bisa tertawa dan aku bisa terlihat gila (ketawa terus maksudnya). tapi, ketika aku sedang sendiri, kesedihan itu langsung menyusup dalam hatiku membuatku terlarut dalam hening yang tak terpecahkan. aku akan merasa menjadi orang lain saat itu.

hidup terlalu sederhana untuk ku tangisi semua kesedihanku. aku sering terpikir tentang semua luka yang pernah ku rasakan, tentang semua cobaan yang pernah kudapatkan, tentang hidupku yang penuh dengan perjuangan. aku sudah terbiasa berjuang untuk mendapatkan apapun yang aku inginkan, karena hidup terlalu angkuh untuk memberinya secara cuma-cuma padaku. semua itu membentuk diriku menjadi seseorang yang kuat, yang telah terbiasa dengan kerikil tajam maupun badai.

tapi, aku manusia. hatiku tak selalu kuat menerima semua takdir kehidupan. ada kalanya aku merasa lemah dan begitu rapuh hingga tak jarang membuatku ingin menangis. cukup bagiku sedikit meneteskan air mata, maka beban yang terasa akan sedikit berkurang. namun, seringkali aku merasa susah untuk menangis walaupun aku ingin menangis, agar semua beban sedikit berkurang. karena aku telah terbiasa terluka, maka air mata seakan kering hanya untuk menangisi hal semacam itu.

hidup mengajarkanku menjadi seseorang yang terlihat kuat. temanku pun pernah berkata padaku "kamu ga keliatan kalau punya masalah. selalu ceria" dan aku hanya cengar-cengir menanggapinya. tak tau harus bicara apa. pernah juga ada yang berkata "kamu itu terlihat kuat, seperti seseorang yang tak pernah merasa sedih". bukan kata-kata hiperbola yang ku tuliskan disini, tapi ini benar-benar yang terjadi.

karena itulah, aku tak suka melihat orang yang lemah. orang yang mengeluh dengan hidupnya. orang yang langsung merasa putus asa ketika apa yang dia inginkan tak dia dapatkan. orang yang tak dapat bangkit ketika dia merasakan kegagalan. begitupun sebaliknya, aku tak suka melihat orang lain yang menyombongkan dirinya karena dapat memiliki apa yang dia inginkan, yang sombong karena kesuksesannya, yang sombong sehingga memandang rendah orang lain.

untuk teman-temanku yang sedang dilanda kesedihan dan ditimpa masalah. pandanglah hidup dengan kacamata positif. jadikanlah masalah sebagai kawan, bukan beban. hadapi, cari jalan keluarnya jangan menghindar. hadapi kesedihan dengan senyuman, buka mata, lihat sekeliling kita bahwa hidup akan tetap terus  berjalan walau semua tak sesuai dengan keinginan.

#ku tulis ini karena sedikit merasa tidak suka dengan teman-temanku yang sedang merenungi nasibnya...

0 komentar:

Posting Komentar