Buscar

Tentang Be'e

udah beberapa kali aku membuka blog dan ingin menulis, selalu saja tidak jadi kulakukan. entah karena hatiku tidak menginginkannya atau aku yang sudah tidak berselera lagi untuk menulis. padahal banyak hal yang ingin ku tuliskan, yang ingin ku bagikan. dari cerita tentang kuliahku sampai tentang teman-temanku. bahkan puisi yang penuh di note HP.ku pun tak juga ku tuliskan di blogku. apa aku sedang merasa jenuh? mungkin iya.
karena kesibukan kuliah yang banyak menyita waktuku hingga membuatku merasa kelelahan.

menjalani semester 4, sepertinya aku kurang persiapan. aku kehilangan setengah semangatku ketika mengawali perjuangan di semester 4 ini. aku belum siap. tapi tetap aku harus menyelesaikannya sampai akhir. karena aku telah menjalaninya dan tak bisa kembali lagi.

disemester 4 ini yang membuat capek adalah praktikumnya yang tiap hari. dari praktikum kimia farmasi, praktikum farmakognosi, praktikum teknologi farmasi, praktikum K3, praktikum management farmasi, praktikum farmakologi, praktikum apa lagi yaaaa aku lupa.

berawal pada hari minggu malam, 2 minggu yang lalu. jam 9 malam aku baru selesai mengerjakan laporan praktikum kimia farmasi. lalu aku teringat kalau aku ada menitipkan sampel simplisiaku kepada temanku untuk di ovenkan agar kering. dan ku kirimlah pesan singkat padanya, mengingatkan untuk membawa simplisiaku besok. dan pesan balasannya membuatku menangis. dia ga sempat untuk meng-oven-kan simplisiaku, jadi simplisia ku belum kering sama sekali, sedangkan hari selasa simplisia itu sudah harus di kumpul dalam bentuk serbuk dan hakselnya. aku pun menangis. kenapa? selain aku sudah capek, aku menangis karena memang ga ada yang bisa ku lakukan saat itu selain menangis. mau marah dengannya pun tak bisa, karena bukan sepenuhnya salah dia. akhirnya ku telpon teman sekelompokku dan ku ceritakan semuanya, masih sambil menangis. besoknya pulang praktikum kimia farmasi aku dan temanku, Be'e nama panggilannya. kerumahku untuk nyelesaikan membuat simplisia. sambil menunggu simplisianya dikeringkan dengan oven, kami ngerjakan laporan pembuatan simplisianya. karena ga dijagain akhirnya simplisianya hangus, gosong. udah ga ada yang bisa dilakukan lagi aku cuma bisa ketawa aja liat simplisia yang gosong. lalu pergilah kami ke pasar beli bahan untuk buat ulang simplisianya. jam 9 malam baru selesai. itu baru selesai buat simplisianya aja. jam 11 malam baru bener-bener selesai sampai buat laporannya. okeee itu masih biasa

lanjut ke praktikum-praktikum selanjutnya. dari hasil pengamatanku. karena praktikum setiap hari. tentu kami semua (aku dan teman-teman seangkatanku) ngerasa capek. capek badan, capek pikiran, capek semua lah. jadi emosi juga kurang tekontrol. panaaaaaas aja bawaannya. dan puncaknya pada saat temanku si E, seenaknya ngelampiaskan tugas ke Be'e. udah nyuruh kasar lagi. waktu itu dia nyuruh Be'e untuk kumpul jurnal kelompok praktikum teknologi farmasi. karena hari rabu praktikum jadi hari selasa paling ga jurnalnya udah harus di ACC. dia langsung ngelempar gitu aja jurnalnya didepan meja Be'e sambil bilang "ini kumpul sekarang, aku ga mau tau". aku yang liatnya langsung ku tegur dia, untungnya dia cuma diam aja, kalau sampai dia ngelawan ribut dah hari itu. dan untungnya juga Be'e nahan aku untuk ga ngomong lagi. akhirnya Be'e keluar pergi ngumpul jurnalnya. waktu dia balik ke kelas, aku liat mukanya habis nangis. saat itu juga sebenarnya aku juga nangis. aku kasian sama Be'e, malamnya dia sudah capek pulang dari rumahku jam 9 malam. paginya malah diperlakukan begitu.

aku cerita sedikit soal Be'e..
nama lengkapnya atau nama sebenarnya adalah eka erningsih. dia berasal dari Melak, daerah kutai barat. di Hulunya samarinda. dia orang dayak. mukanya persis banget sama sahabatku yang sekarang lagi kuliah di jogya. Be'e dari keluarga yang ga punya. dia orangnya apa-adanya itu yang aku suka dari dia. anaknya jujur. selalu berusaha. ga pernah nyerah. dia bertahan kuliah ini juga susah. sebulan dia cuma dikirimin uang 500 ribu. 350 ribu untuk bayar kos, sisanya 150 ribu untuk makan dan sebagainya. apa itu cukup???
untungnya Be'e punya teman dekat namanya lukita. yah mereka udah kaya kakak sama adeklah, saling membantu.

jadi, setiap aku merasa bahwa hidupku kurang. aku selalu ingat Be'e dan aku akan bersyukur dengan hidupku. rasa kurang yang kurasakan tidak sama dengan rasa kurang yang Be'e rasakan.

itu baru kejadian pertama yang si E lakukan pada Be'e. senin kemaren, kejadian kedua dilakukannnya. dia juga se'enaknya melampiaskan tugasnya. lagi-lagi itu dia lakukan kepada Be'e. dan lagi-lagi aku merasa marah sama dia. ko se'enaknya jadi orang. dan aku juga kesal sama Be'e, ko ga ngelawan. lama-lama kalau dibiarkan dia makin nginjak-nginjak Be'e. dan kalian tau apa yang Be'e bilang, dia bilang "aku ini orang yang ga punya. aku disini cuma mau kuliah. aku ga mau cari masalah. jadi aku baik-baik aja sama orang, walaupun orang itu jahatin aku. kalau aku jahatin balik, nanti siapa yang mau berteman sama aku". oh mamaaaaaa. mau nangis aku dengarnya...

ternyata benar apa kata temanku tadi, ketika sedang praktikum teknologi farmasi. di farmasi semua jenis dan ragam sifat manusia bisa kamu temukan. dan tinggal kamu aja lagi yang pintar-pintar ambil pelajaran dari semuanya...

0 komentar:

Posting Komentar